Tes

Program studi Hukum Ekonomi dan Teknologi Fakultas Hukum Universitas AL Azhar Indonesia merupakan Program Studi yang pertama di Indonesia yang mengkhususkan pada hukum ekonomi dan teknologi yang telah diakreditasi oleh BAN PT dengan nilai baik. Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi dan politik baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang berlangsung secara cepat mendorong dunia memasuki era globalisasi. Perkembangan tersebut tentunya disambut baik oleh Universitas AL Azhar Indonesia dengan membuka Program Studi ilmu hukum yang mengkhususkan pada Hukum Ekonomi dan Teknologi.
Program Studi Hukum Ekonomi dan Teknologi mendorong mahasiswa untuk aktif dalam dunia pendidikan hukum yang didukung oleh staff pengajar berkualias dalam suasana akademik yang kondusif dengan kurikulum yang responsif terhadap perkembangan zaman. Tujuan Program Studi Hukum Ekonomi dan Teknologi adalah melahirkan sumber daya manusia yang berwawasan luas dalam bidang hukum, khususnya bidang hukum ekonomi dan teknologi serta memiliki nilai-nilai intelektual, spiritual, dan moral sebagai modal dasar untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia yang dilandasi nilai-nilai Islam.
Program Studi Hukum dan Teknologi mendorong upaya ilmiah di bidang hukum ekonomi dan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan manusia dan mengembangkan kerjasama dengan lembaga yang bergerak di bidang hukum.

Konsentrasi

Program Studi Hukum Ekonomi dan Teknologi FH-UAI mempunyai dua konsentrasi:

    Konsentrasi Hukum Ekonomi

    Konsentrasi ini menyediakan mata kuliah antara lain: Hukum Perbankan Islam, Hukum Hak Tanggungan, Hukum Asuransi, Hukum Asuransi Islam, Hukum Pembiayaan Perusahaan dan Investasi, Hukum Surat Berharga, Hukum Kepailitan, Akuntansi Untuk Ahli Hukum, Kontrak Bisnis Internasional, Hukum Merek dan Rahasia Dagang, Hukum Paten dan Tata Letak Sirkuit Terpadu, Kejahatan di Bidang Ekonomi, Ekonomi Pembangunan, Peranan Hukum dalam Pembangunan Ekonomi.

    Konsentrasi Hukum Teknologi

    Konsentrasi ini menyediakan mata kuliah antara lain: Hukum Perbankan Islam, Hukum Hak Tanggungan, Hukum Asuransi, Hukum Asuransi Islam, Hukum Pembiayaan Perusahaan dan Investasi, Hukum Surat Berharga, Hukum Kepailitan, Akuntansi Untuk Ahli Hukum, Kontrak Bisnis Internasional, Cyber Law, Hukum Merek dan Rahasia Dagang, Hukum Paten dan Tata Letak Sirkuit Terpadu, Kejahatan di Bidang Ekonomi, Hukum Rekayasa Genetika, Hukum Angkasa dan Aspek Hukum Alih Teknologi.

Program Magang

Dengan keterbatasan kurikulum akademis dalam menciptakan lulusan Sarjana Hukum yang siap menjalankan profesinya di dunia profesional, maka dibutuhkan perangkat tambahan bagi pendidikan hukum dalam meningkatkan kecakapan teknis yang dibutuhkan dalam dunia profesional.

Oleh sebab itu Mahasiswa Fakultas Hukum diberikan kesempatan untuk menambah wawasan dan skill di Laboratorium Profesi FH-Ekotek UAI. Adapun kegiatan dalam Laboratorium Profesi (LP) meliputi training atau kursus yang dilakukan dengan bekerja sama dengan organisasi profesi, Law Firm, NGO (LSM) serta lembaga lainnya yang berkaitan dengan bidang hukum.

Disamping itu, untuk Mahasiswa Angkatan Pertama dan Kedua (Angkatan 2001 dan 2002) telah disalurkan sebanyak 20 (dua puluh) mahasiswa untuk dapat mengikuti Program Magang (PKL) di beberapa institusi antara lain : Maqdir & Annullah Law Firm, Eri Yunasri & Partners Law firm, Hukum On-Line/PSHK, GreenLaw & SSA Law firm dan KBH Al Azhar, dll. Program magang ini merupakan wujud kepedulian FH-Ekotek UAI kepada Mahasiswa agar lebih siap menghadapi dunia kerja.

Keunggulan

  1. Program kerjasama dengan South Carolina University dalam mata kuliah
  2. International Trade Law dan Project Finance melalui Video Conference.
  3. Memiliki akses ke Jurnal Internasional “West Law Journal”.
  4. Kemitraan yang luas dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta.
  5. Fasilitas yang memadai.

Kerjasama

  1. South Carolina University
  2. Penerbit Sweet and Maxwell, Malaysia
  3. Dirjen HAKI ( Hak Atas Kekayaan Intelektual )
  4. Beberapa Law Firm

Fasilitas

  1. Erman Rajagukguk Library
  2. Ruang Video Conference
  3. Laboratorium Mootcourt “Bismar Siregar”
  4. Jurnal Westlaw dengan 1000 buah jurnal dari seluruh dunia
  5. Pusat Studi Hukum Ekonomi dan Teknologi ( PSHET )

Prospek Lulusan

Dengan berbekal penguasaan materi yang berasal dari Laboratorium Fakultas yang terdiri dari : Pusat Dokumentasi Hukum, Laboratorium Profesi, Pusat Studi Hukum Publik & Korporat (Center for Public and Coorporate Legal Studies) serta program magang di berbagai Law Firm dan Instansi Pemerintah, Perusahaan Swasta dan BUMN, maka diharapkan lulusan FH-UAI dapat bekerja di bank, perusahaan umum (non-bank), kantor hukum (Law Firm), kantor notaris, institusi pendidikan/penelitian, lembaga arbitrase, instansi pemerintas dan sebagainya.

Karir atau posisi yang dapat ditekuni oleh lulusan FH-UAI diantaranya adalah: corporate lawyer, legal analyst, lawyer, public notary, lecturer, researcher, arbitrator, legal drafter, hakim, jaksa, dan lain-lain.